Aswina's Blog

Sebuah catatan singkat seorang Aswina

Apply Tourism Visa Jepang dari Korea

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang apply visa Jepang dari Korea. Ceritanya, saya bakal ada joint research seminar di Jepang pertengahan Mei 2013. Saya berangkat dengan profesor dan 4 teman lab lainnya, yang semuanya ya orang asli sini, orang Korea. Orang Korea tidak memerlukan visa tourism hampir ke semua negara di dunia, kecuali negara tetangganya sendiri kali ya (tebak sendiri negara mana :D). Nah, berhubung saya satu-satunya foreigner yang akan berangkat, maka saya harus apply visanya sendiri (baca: bayarnya juga tanggungan sendiri).

Mulailah saya untuk mencari informasi tentang dokumen2 yg diperlukan untuk apply visa ini. FYI, saya dulu pernah tinggal di Jepang selama 3 tahun, hehe. Tapi, tentu saja re-entry permit ke Jepang yang saya miliki dulu sudah hangus. Saya kemudian bertanya kepada salah satu teman Indonesia di kampus, kebetulan beberapa bulan lalu dia baru saja mengunjungi Jepang, yaaa.. sebagai turis juga. Jadi infonya saya harap masih fresh 😀

Kurang lebih, persyaratan dokumen yg diperlukan sebagai berikut:

  1. Form persyaratan pengajuan visa. bisa didownload disini. Perlu foto dengan ukuran yg agak kurang lazim, yaitu 4.5×4.5cm.
  2. Paspor Asli
  3. Bukti bahwa kita adalah orang legal yang tinggal di Korea hehe. Kalo buat mahasiswa macem saya ini, surat enrollment boleh lah.
  4. Fotokopi kartu alien kita 😀
  5. Bukti bahwa kita punya cukup duit untuk jalan2 ke Jepang! haha.. bates minimal ga disebutin sih, cuman mgkn disesuaikan sama jumlah hari rencana kita di Jepang. Kalo 3-4 hari, 1 juta won mgkn cukup. Oh ya, jumlah ini disarankan untuk stabil selama beberapa bulan (soalnya dimintanya 3-6 bulan terakhir). Ini bisa dibuktikan dari fotokopi buku tabungan.
  6. Booking flight
  7. Booking hotel
  8. Rencana aktivitas disana. Ini ada formatnya juga. Bisa didownload disini.

Udah deh. Hehe. Oh ya, sebenernya kita bisa apply visa untuk business affair kalo ada seminar gini, cuman agak repot. Perlu surat invitation dari lembaga dan juga perlu guarantor. Karna alesan itu, saya memilih untuk apply visa tourist saja.

Nah, untuk nge-apply visanya. kita harus dateng langsung ke tempat apply visanya di Seoul. Buat temen-temen yang tinggal di wilayah Busan atau Jeju, bisa ke kantor konsultat terdekat disana. Alamat kantor yang di Seoul itu di 146-1 Jongno 1(il)-ga Seoul. Persisnya, gedung di belakang kedubes AS di Gwanghamun. Kalo naik subway, naik line 5, turun di Gwanghamun station exit 2. Petanya ini nih.

Image

Ini gambar gedungnya. Kalo udah sampai, langsung masuk aja. Ga usah pake ijin2 segaa, masuk langsung ke lantai 7.

Image

Nah, kalo udah serahin dokumennya, biasanya kita disuruh nunggu sehari. Keesokan harinya, kita disuruh telpon apakah visa kita telah siap diambil atau ga. Jadi saya bolak-balik Seoul-Daejeon 2 kali dalam seminggu -___-. Sungguh kurang praktis sekali. Nah, satu info menarik lainnya, biasanya untuk membuat visa Jepang, kita perlu merogoh kocek 40,000 won. Namun, karena saya masuk Jepang lewat Sendai (Miyagi-ken), katanya biayanya gratis! Lumayan, buat menutup biaya transportasi Daejeon-Seoul pp 2 kali haha. yang mau jalan-jalan ke Jepang dengan visa gratis, masuklah lewat Sendai, hehe.. baru menuju Tokyo, Osaka, Kyoto, dll.

Buat yang mau ke Jepang dari Korea, semoga post ini bermanfaat! 🙂

10 comments on “Apply Tourism Visa Jepang dari Korea

  1. Pingback: Jalan-jalan Seputar Gwanghamun dan City Hall (Part 1) | Aswina's Blog

  2. Ni Putu Ayu Nariswari
    June 3, 2013

    Hai bli, wah tinggal di korea ya? April kemarin aku abis dari Seoul lhoo.. O iya, nanya,, kalo aku ke korea dulu trus apply visa Jepangnya di Korea bisa ga yaa? Aku ga tinggal di Korea sih. Urus visa Jepang di Indonesia ribet, harus ke Surabaya ngurusnya. Pingin ke Korea (lagi) dan Jepang ^.^

    • aswantara
      June 3, 2013

      Halo.. Kykna ga bisa deh, soalnya harus yg sedang berdomisili di Korea yg boleh nge-apply, kalo cuman temporary visitor, ga bisa. Visa Jepang kalo ga salah bisa di apply dr Bali kok, ada komjen nya kan di Bali. Dulu pernah apply di Denpasar bisa kok. Selamat mencoba hehe..

  3. Ni Putu Ayu Nariswari
    June 3, 2013

    Ohh, okay… Thank you infonya. KTPku Surabaya, tinggal di Jakarta. Berarti harus tetep ke Surabaya ngurusnya. Makasii.

  4. lulu
    August 25, 2014

    kartu alien itu seperti KTP sementara ya ^-^ Bagaimana cara mendptkannya?

    • aswantara
      August 26, 2014

      Hi. kartu alien card hanya bisa diperoleh oleh orang yang eligible utk stay di negara tersebut (biasanya stay utk rentang yang cukup lama, misalnya utk kuliah, bekerja, dll). Kalau dengan visa travelling, tidak akan bisa untuk memperoleh alien card. Alien card itu semacam ‘KTP’ nya untuk foreigner.

      • dera
        January 22, 2015

        pengen nanya boleh? kalo sebalik nya gmana? skrg aku d jepang pengen ke korea apa syaratnya sama? mohon jawabannya..

  5. lulu
    August 25, 2014

    Kebetulan ada teman aku yang sedang bisnis trip dan sudah 1bulan tinggal disana.

  6. Riandi
    October 10, 2015

    Hallo bro, mau nanya nih saya mahasiswa lagi di korea, kalau mau apply visa ke jepang, harus booking hotel sama flight ? Itu artinya harus udah beli tiket dulu dong sebelum visanya diterima?
    Apa caranya apply visanya masih sama kaya sekarang?
    Thank you

  7. Riandi
    October 12, 2015

    Hallo bro mau nanya nih, saya mahasiswa lagi di Korea, kalau mau apply visa ke Jepand harus booking hotel sama flight dulu?
    Itu artinya udah harus beli tiketnya sebelum visanya diterima dong bro?
    Dan apa cara apply visanya masih sama kaya sekarang?
    Thank you

Leave a comment

Information

This entry was posted on May 4, 2013 by in Cerita Singkat, Tips.

Navigation